Tuesday, March 1, 2011

Aneka Resep Masakan Padang

Resep masakan aneka resep masakan padang Padang atap runcing dan bertuliskan masakan seperti kekayaan bangsa yang Rendang, Ayam balado, Kepala lezat sekali masakan Kakap memang paling banyak dicari. Masakan Padang memang telah terkenal diseluruh penjuru negeri. Di setiap kota pasti ada memang tidak ada duanya warung dengan Padang. Hm, rasanya memang yang satu ini. Paduan cita rasa pedas dan gurih , inilah salah satuy wajib kita lestarikan.

Ngomong-ngomong soal resep, ini adalah juga tidak kalah lezat dengan resep di warung makan Padang pada umumnya.resep yang sering di buat oleh ibu saya yang notabene juga orang Padang. Rendang Ayam, ya masakan dari ayam yang dibumbui dengan santan kental serta rasa pedas yang bikin melek. Hm, yummy. Dan berikut adalah resep yang sering dibuat ibu saya dirumah dan hasilnya

Rendang Ayam

Bahan:

* 1 ½ kilo ayam, jangan terlalu muda
* 12 gelas santan dari 3 butir kelapa
* 2 biji asam kandis
* 1 batang serai, memarkan
* 1 lembar daun kunyit
* 2 lembar daun jeruk purut
* Garam secukupnya

Haluskan:

* 1 ons cabe merah
* 15 buah bawang merah
* 6 siung bawang putih
* 5 buah kemiri
* 2 cm jahe
* 3 cm laos (yang ini tidak perlu dihaluskan, cukup di keprak saja)

Cara membuat:

* Ayam dipotong-potong. Kecuali bagian punggung, bagian-bagian lain sebaiknya dililit dengan benang katun agar tidak terlepas dagingnya saat dimasak.
* Dalam wajan: rebus santan dengan bumbu-bumbu yang dihaluskan plus daun-daun dan asam kandis.
* Aduk terus sampai mengental agar santannya tidak pecah. Kalau sudah mulai keluar minyak masukan potongan-potongan ayam.
* Aduk terus dan dimasak dengan api sedang. Kalau mau dihitamkan, kecilkan apinya.

Rendang ayam diatas akan semakin nikmat jika disantap dengan nasih hangat dan segelas teh panas. Oh ya, unutk pelengkap jangan lupa kerupuk dan juga lalapan sayuran mentah seperti ketimun, agar lebih nikmat dan menyehatkan.Oke, itu sedikit resep masakan Semoga bermanfaat Padang lezat dari kobis satau daun selada ibu saya yang dapat saya tuliskan disini

No comments:

Post a Comment